banner-blogicon
22 Juni 2023
Share

User Experience dan Pengaruhnya Pada Pendapatan Iklan

Istilah ‘user experience’ kini menjadi semakin sering didengar. Terutama di tengah perkembangan era digital yang semakin kencang, istilah ini tidak jarang menjadi bahan pembicaraan sehari-hari bagi banyak orang.
User experience memang tidak dapat dipisahkan dari pengalaman seseorang dalam menjelajahi dunia maya. Banyak hal yang dapat dipengaruhi oleh user experience, termasuk juga penempatan iklan pada website. Iklan yang berada di dalam website dengan user experience yang baik, akan memperoleh hasil yang juga lebih baik bahkan hingga meningkatkan pendapatan dari iklan tersebut.
Untuk lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak sedikit penjelasan mengenai user experience berikut ini.

Baca Juga: Programmatic Ads: Sistem Periklanan Otomatis dan Tepat Sasaran

Apa itu User Experience?

Dari membaca istilah ‘user experience’, tentunya Anda sudah dapat menebak arti dari dua kata ini. Yup! User experience (UX) dapat diartikan sebagai pengalaman menyeluruh yang didapatkan oleh visitor sebuah website, ketika sedang mengunjungi website tersebut. Pengalaman ini meliputi berinteraksi dengan produk atau layanan, termasuk juga faktor-faktor kemudahan penggunaan, efisiensi, kepuasan, serta efektivitas dari interaksi yang ditampilkan pada website. Selanjutnya, UX juga meliputi aspek non-visual seperti kecepatan maupun responsivitas pada suatu website.

Seseorang dapat menilai sendiri UX sebuah website ketika tengah berkunjung ke website tersebut. Perbedaannya pun terlihat jelas ketika mengakses di PC, tablet, maupun smartphone. Selain itu, UX juga dapat dinilai lewat manfaat dari konten yang ada dalam website tersebut. Apakah konten yang ditampilkan sudah dirasa bermanfaat atau malah tidak update sama sekali? Hal-hal lainnya seperti iklan hingga jenis font yang digunakan juga termasuk ke dalam penilaian UX.

Tujuan utama dari user experience adalah untuk menciptakan pengalaman yang positif bagi para pengguna. Makanya, para desainer UX akan membutuhkan informasi seputar kebutuhan preferensi, serta apa saja yang diharapkan oleh pengguna pada suatu halaman website. UX lebih berfokus pada efektivitas, efisiensi, serta kepuasan pengguna.

Perbedaan dari UI dan UX

Selain user experience, user interface (UI) juga menjadi istilah yang sering disebut di era digital ini. Bahkan sebenarnya, user interface dan user experience adalah dua hal yang saling berkaitan. UX dan UI sering disebut secara bersamaan dengan menggunakan istilah UI/UX.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai perbedaan dari UI dan UX, mari kenali dulu pengertian dari UI. User interface merupakan bagian dari user experience, berupa tampilan visual desain dari sebuah sistem. Tampilan (interface) inilah yang menghubungkan pengguna dengan interaksi di dalam sebuah website atau aplikasi. Peran UI adalah untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Tetapi, UI yang indah saja tidak cukup, UI juga harus mudah untuk digunakan.

Komponen yang masuk ke dalam desain UI antara lain seperti tombol, ikon, tipografi, tema, animasi yang tampil pada produk, layout, dan visual interaktif lainnya. Semua komponen ini didesain dengan sedemikian rupa, agar dapat terlihat indah serta mudah untuk digunakan.

Lantas apa yang membedakan user interface dengan user experience? Hal utama yang menjadi pembeda adalah, secara tujuan desain keduanya sangatlah berbeda. UI lebih berfokus pada keindahan penampilan, dan UX berfokus pada kepuasan pengguna.

Kemudian, komponen desain yang ada di dalam UI serta UX pun berbeda. Untuk UI, komponen yang berada di dalamnya meliputi warna, gambar, tipografi, tombol, serta visual interaksi lainnya. Sedangkan untuk UX, komponen desainnya meliputi fitur-fitur, struktur desain, dan navigasi. UX juga mencakup tampilan interface, copywriting, hingga branding. Oleh karena itu, desain UI dan UX tidak bisa dipisahkan satu sama lain.


Apa Pengaruh UX pada Pendapatan Iklan?

User experience yang baik akan membantu dalam meningkatkan pendapatan pada iklan yang dipasang di website. Hal ini berhubungan dengan pengguna yang kemungkinan besar akan kembali berkunjung ke website tersebut jika memperoleh pengalaman yang baik. Bukan hanya itu saja, user experience yang baik ini juga akan mendukung pengguna untuk tinggal lebih lama di website.

1. Penargetan Perilaku (Behavioral Targeting)

Tentu kita menginginkan agar iklan yang telah dibuat bisa mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu, dibutuhkan penargetan perilaku yakni cara kerja iklan digital dengan memanfaatkan informasi mengenai pengunjung website. Lewat penargetan perilaku ini, iklan digital akan lebih relevan dengan kebiasaan user ketika tengah mengakses internet di sebuah platform digital.

Ketika pemilik website atau publisher dapat memberikan user experience yang lebih baik, tentunya hal ini akan membantu juga dalam meningkatkan adsense atau pendapatan iklan.

Contoh UX yang Baik dan Memudahkan Pengguna

Berikut ini adalah contoh user experience yang baik dan dapat memudahkan para penggunanya.

1. Mobile friendly

Penggunaan perangkat mobile dan tablet semakin bertumbuh setiap hari. Oleh karena itu, jangan sampai website tidak mobile friendly karena dapat mengurangi keterlibatan para pengguna yang berkunjung dan melihat iklan Anda.

2. Isi konten yang berkualitas

Konten juga termasuk dalam kunci menciptakan user experience yang baik. Website dengan konten yang baik tentunya akan mendatangkan pengunjung baru maupun yang berulang. Selain berkualitas, konten juga harus up-to-date untuk meningkatkan user experience para pengguna.

3. Kecepatan muat suatu halaman web

Kecepatan muat suatu halaman web juga mempengaruhi user experience. Idealnya, waktu muat suatu halaman web adalah 3 detik atau kurang. Jika terlalu lama, pastinya pengguna akan merasa tidak sabar dan memutuskan untuk menutup halaman website tersebut. Maka, publisher yang telah menempatkan iklan pada web pun turut kehilangan potensi pengunjung yang melihat atau berinteraksi pada iklan.

4. Penempatan iklan yang proporsional

Pastinya, penempatan iklan pada suatu web akan mempengaruhi user experience secara positif maupun negatif. Iklan yang mengganggu sehingga menyebabkan konten menjadi sulit diakses akan membuat pengguna merasakan dampak yang negatif. Proporsi antara konten dan iklan yang dipasang juga perlu disesuaikan. Google sendiri selalu menekankan keseimbangan antara iklan dan konten yang ada di dalam sebuah website. Jangan sampai Anda kehilangan kesempatan untuk menambah pendapatan iklan.

5. Desain

Desain meliputi tata letak, warna, font, serta navigasi di dalamnya. Sebuah desain pada website dapat meninggalkan kesan yang positif/negatif pada para pengunjung. Maka dari itu, user experience yang baik juga mengandalkan desain website yang tidak hanya indah tetapi juga nyaman dan menarik bagi para pengguna menghabiskan waktu di dalamnya. Selain itu, desain yang baik juga dapat menjaga loyalitas seorang pengguna pada sebuah website. Lewat potensi para pengguna yang menghabiskan waktu lebih lama atau kembali lagi ke website dengan desain yang baik, maka tentunya potensi meningkatkan pendapatan iklan pun semakin tinggi.

Baca Juga: Digital Advertising: Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan

Kesimpulan

Melalui penjelasan yang ada di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa user experience yang berkaitan dengan keseluruhan pengalaman pengguna ketika berkunjung atau menggunakan suatu website dapat mempengaruhi juga pendapatan iklan yang dipasang. Pasalnya, durasi yang dihabiskan oleh seorang pengguna dalam suatu website atau loyalitas mereka untuk kembali lagi atau tidak, dapat meningkatkan potensi pada iklan. Bukan hanya membantu meningkatkan pendapatan saja, tetapi user experience yang baik juga dapat membantu menambah views maupun interaksi pada iklan yang telah dipasang.

Maka dari itu, user experience juga perlu menjadi bagian yang diperhatikan oleh para publisher iklan. Lewat user experience yang baik, maka pekerjaan dari seorang publisher akan jadi semakin lebih mudah dalam mengoptimalisasi hasil sebuah iklan. TADEX adalah salah satu contoh platform programmatic yang dapat mewujudkan kemudahan ini. Menjadi publisher di TADEX akan membuka kesempatan yang lebih luas bagi bisnismu. TADEX akan membantu publisher untuk meningkatkan pendapatan iklan menjadi lebih tinggi lagi lewat user experience yang baik. Jadi, jangan ragu untuk bergabung bersama TADEX.

Share