banner-blogicon
22 Juni 2023
Share

Programmatic Ads: Sistem Periklanan Otomatis dan Tepat Sasaran

Perkembangan era digital yang semakin pesat membuat industri periklanan juga turut berkembang cepat. Kini untuk mendukung suatu strategi pemasaran, programmatic ads menjadi pilihan bagi banyak para pelaku bisnis.

Programmatic ads merupakan salah satu tren dalam digital advertising yang saat ini sedang booming digunakan oleh para pelaku bisnis. Sebenarnya, apa pengertian dari programmatic ads itu sendiri serta seberapa jauh strategi menggunakan programmatic ads ini dapat membantu? Yuk, simak dahulu penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Digital Advertising: Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan

Apa itu Programmatic Ads?

Programmatic ads merupakan bagian dari digital advertising yang kini semakin dilirik. Kemunculan programmatic ads menjadi sebuah inovasi terbaru yang dapat mendukung strategi pemasaran digital.

Programmatic ads adalah iklan digital yang telah diprogram dengan memanfaatkan kecanggihan artificial intelligence (AI) agar dapat menyasar target pasar dengan lebih spesifik. Tingkat efisiensi yang tinggi pada programmatic ads cukup

memudahkan para pengiklan serta publisher. Anda tidak perlu lagi menggunakan cara yang konvensional, karena lewat programmatic ads para pengiklan dapat memilih format iklan yang sesuai dengan produk, layanan yang akan dipromosikan, dan media digital yang akan digunakan. Anggarannya pun juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan iklan.

Beragam format yang dapat dipilih pada programmatic ads antara lain adalah display ads dan video ads. Format ini bisa dikreasikan kembali sesuai dengan keinginan serta minat audiens. Programmatic ads juga memungkinkan Anda mendapatkan transparansi, kendali, atau laporan yang terperinci secara real time. Lewat format yang bisa dipilih dan kemudian disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan target iklan, tidak heran jika programmatic ads dapat memberikan hasil yang maksimal dan membuat anggaran menjadi lebih efisien.

Jenis serta Contoh Penerapan dari Programmatic Ads

Sampai di sini, kita dapat simpulkan bahwa programmatic ads merupakan iklan digital terprogram yang secara efektivitas dan efisiensi jauh lebih baik dibanding jenis media iklan online lainnya. Berikut ini adalah jenis dan contoh penerapan dari digital programmatic ads dalam beberapa brand.

1. Display Ads

Istilah display ads merujuk pada seluruh bentuk visual ads online dalam bentuk gambar. Tetapi, dalam konteks programmatic ads, display ads lebih mengarah untuk iklan yang berada di header, sidebar, in-content, serta footer. Kepopuleran display ads sendiri semakin meningkat setiap tahunnya. Display ads dapat membantu para pelaku bisnis untuk meningkatkan brand awareness serta mempromosikan layanan atau produk yang ditawarkan. Penerapan display ads ini sering dijumpai pada situs-situs media online atau sosial media. Letak display ads beragam, bisa di bagian atas, bawah, maupun samping.

2. Video Ads

Video ads merupakan sebuah iklan yang tampil lewat platform video. Bentuk programmatic ads yang satu ini paling banyak digunakan oleh berbagai macam brand. Contohnya pada aplikasi video seperti YouTube, Netflix, Twitch, dan lain sebagainya. Bukalapak adalah salah satu contoh platform yang sempat menjalankan video ads di tahun 2017. Kala itu, iklan Bukalapak dengan judul ‘Nego Cincai Bukalapak’ yang menampilkan seorang wanita paruh baya, berhasil ditonton hingga 14,5 juta kali sejak dipublikasikan.

3. Digital Out-of-Home (DOOH) Ads

DOOH merupakan kombinasi digital advertising dengan iklan tradisional. DOOH dalam programmatic ads tidak memiliki target individual, tetapi akan menyasar suatu segmen pasar yang lewat di tempat iklan yang berada di luar ruangan. DOOH lebih memungkinkan Anda untuk membuat iklan menjadi lebih kreatif dari biasanya.

Kenapa Harus Menggunakan Programmatic Ads?

Programmatic ads akan membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan produk maupun layanan menjadi lebih efektif dan efisien. Mengapa begitu?

1. Budget yang murah

Programmatic ads memang dikenal murah dan efektif. Anda bahkan bisa memperoleh hasil yang lima kali lipat lebih banyak hanya dengan menggunakan budget yang rendah. Oleh karena itu, programmatic ads banyak dilirik dan mulai menggantikan iklan konvensional. Hal inilah yang membuat programmatic ads sangat menguntungkan.

2. Data yang lengkap Jangkauannya yang luas membuat programmatic ads dapat membantu Anda untuk menganalisa hasil iklan secara lebih terukur. Terutama dengan menggunakan data profiling yang lengkap, Anda akan dapat menjalankan iklan yang lebih efektif dan tepat sasaran. Penyesuaian iklan juga dapat dilakukan untuk mengantisipasi perubahan situasi selama iklan dijalankan.

3. Mudah mendapatkan tingkat konversi yang tinggi

Programmatic ads yang relevan dengan target pasar yang dimiliki oleh para pengiklan, sangat membantu untuk memperoleh total konversi yang tinggi. Programmatic ads yang bisa disesuaikan dalam berbagai kriteria juga semakin membantu iklan untuk muncul pada audiens dengan kriteria yang sudah dibuat.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Iklan yang Wajib Diketahui

Cara Beriklan dengan Programmatic Ads

Tidak heran jika programmatic ads kini semakin dilirik, mengingat kelebihan dan efektivitas yang dimiliki oleh strategi iklan digital yang satu ini memang menjadi semakin menjanjikan. Layanan programmatic ads pun menjadi semakin mudah diakses dimana saja. Lantas, bagaimana sih caranya beriklan dengan menggunakan programmatic ads?

Dalam proses kerja programmatic ads, seluruh transaksi antara pengiklan dan juga publisher dilakukan lewat aplikasi atau program tertentu. Adanya aplikasi maupun program ini berperan untuk memudahkan pemasangan dan transaksi iklan sehingga bisa dilakukan secara otomatis. Dengan begitu, kontak langsung antara buyer dan publisher pun tidak ada.

Saat menggunakan programmatic ads, kamu akan memiliki opsi untuk menayangkan iklan pada berbagai space. Iklan dapat dalam berupa format video, GIF, banner, dan lain sebagainya. Format iklan yang dipilih nantinya akan ditampilkan pada target pasar yang sudah ada di dalam database Anda, sehingga iklan pun dapat menyasar target pasar yang sesuai.

Jika anda tertarik dalam menggunakan programmatic ads untuk bisnis Anda, pastikan bahwa Anda telah memilih layanan yang tepat dan terpercaya. Dengan begitu, pemasangan iklan pada programmatic ads pun dapat lebih sesuai dengan kebutuhan.

Tertarik untuk mencoba programmatic ads? Mungkin ini saatnya untuk Anda bergabung bersama TADEX. Platform programmatic ads yang satu ini menjadi pihak yang siap dalam memenuhi kebutuhan digital advertising untuk bisnis Anda. TADEX merupakan solusi yang tepat bagi para pelaku bisnis yang ingin melebarkan sayapnya dengan merambah pemasaran digital untuk mempromosikan layanan atau jasa yang dimiliki.

Terdapat berbagai macam keuntungan menanti Anda dengan beriklan bersama TADEX yang telah bekerjasama dengan Dewan Pers dan juga sudah terbukti kredibilitasnya dalam menjalankan usaha di dunia digital advertising ini. Yuk, tingkatkan lebih banyak konversi bisnismu serta jangkau audiens yang lebih luas lagi dengan beriklan bersama TADEX.

Share